konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Ini Dia Cara Mengurus Buku Nikah Asli Yang Hilang

Buku Nikah Asli merupakan akta otentik yang berfungsi sebagai bukti bahwa dua orang telah melangsungkan akad pernikahan yang sah menurut hukum. Buku nikah sendiri memiliki bentuk yang kecil serta tipis seperti buku catatan serta berwarna hijau untuk buku nikah istri dan warna merah untuk buku nikah suami. Dalam buku nikah tersebut tertulis data-data pernikahan seperti nama orang yang menikah, nama wali, nama saksi, jumlah mahar, tempat dan tanggal pernikahan dan lain sebagainya.

Oleh karena buku nikah tersebut berfungsi sebagai akta otentik, maka agan sista akan membutuhkan buku nikah tersebut untuk berbagai keperluan, termasuk saat ingin mengajukan perceraian di Pengadilan agama, baik cerai talak yang diajukan oleh pihak suami, maupun cerai gugat yang diajukan oleh pihak istri.

Baca Juga : Ini Dia Syarat Permohonan Pengajuan Cerai Oleh Suami

buku nikah hilang, buku nikah asli

Masalah kemudian muncul bagi agan sista yang buku nikah aslinya hilang, entah itu hilang kemalingan karena mungkin ada mantan yang cemburu, hilang kebanjiran, lupa menyimpan karena sudah lamanya pernikahan atau karena sudah sangat bencinya sama pasangan dan kemungkinan kemungkinan lain yang pada intinya buku nikah tersebut tidak diketahui keberadaannya.

Untuk mengatasi buku nikah yang hilang, silahkan agan sista datang ke Kantor Polisi (Polsek) terdekat untuk membuat surat keterangan kehilangan buku nikah. Setelah itu, silahkan datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang dahulu mengeluarkan buku nikah asli tersebut, lalu mintalah Duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta Nikah kepada petugas KUA (pencatat nikah) sambil menyerahkan surat keterangan kehilangan yang agan sista dapat dari kantor polisi.

Nah, jika agan sista sudah mendapatkan Duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta Nikah dari Kantor Urusan Agama, selanjutnya bagi agan sista yang sudah ngebet banget untuk bercerai, silahkan datang langsung saja ke Pengadilan Agama dengan membawa Duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta Nikah serta dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Oh iya, untuk mengajukan permohonan atau gugatan cerai di Pengadilan Agama ini agan sista tidak perlu repot-repot membawa kedua buku nikah. Jadi, misalnya agan mau menceraikan istri agan, maka agan tidak perlu repot membawa buku nikah milik istri, cukup bawa saja buku nikah suami atau Duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta nikah (jika hilang) ke Pengadilan Agama. Begitupun sebaliknya, jika istri mau menggugat cerai suami, maka istri tidak perlu meminta buku nikah suami dulu. Kalau harus ada buku nikah suami, bisa-bisa nanti malah repot sebelum sidang bukan?

Nah, demikianlah cara mengurus buku nikah asli yang hilang yang dapat kang asep informasikan. Intinya, jika buku nikah hilang, jangan panik dan jangan beranggapan bahwa agan sista tidak akan dapat mengajukan cerai ke Pengadilan hanya karena buku nikahnya hilang. Coba ikuti cara-cara yang kang asep informasikan diatas. Kang asep jamin masalahnya akan segera terselesaikan.

Baca Juga : Ini Dia Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

9 Comments

Tulis Komentar